ARTIKEL : KEGIATAN UPAYA PEMBERDAYAAN KESEHATAN GIGI MASYARAKAT DALAM RANGKA PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI WILAYAH DESA SIDOMULYO, DUSUN PONDOK, RT 2 RW 5, KECAMATAN DEMPET, KABUPATEN DEMAK.

 

Kegiatan PKL secara daring ini diharapkan dapat menjadi kegiatan civitas akademika Poltekkes Kemenkes Semarang dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan kesehatan masyarakat pedesaan terutama kesehatan rongga mulutnya. Dan dapat menjadi suatu kegiatan yang berkesinambungan dan berkelanjutan dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat desa. Oleh karena itu, perlu ada suatu mekanisme pengaturan dan koordinasi kegiatan pengabdian masyarakat yang terstruktur dan berkesinambungan oleh institusi Poltekkes Kemenkes Semarang sehingga luaran dan dampak yang dihasilkan dapat lebih baik dan lebih dirasakan oleh masyarakat luas.

Desa Sidomulyo terletak di kecamatan Dempet Kabupaten Demak saat ini dipimpin oleh Bapak Purwito Desa Sidomulyo. Sumber air berasal dari PAM dan Sumur, sedangkan untuk fasililtas penerangan semua KK sudah menggunakan listrik PLN. Potensi yang terdapat di Desa Sidomulyo diantaranya berbagai fasilitas pelayanan publik, sosial maupun penyedia berbagai jasa atau usaha pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang juga berada di Desa Sidomulyo  ini seperti Balai Kelurahan, toko-toko, warung,  kontrakan dsb. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dengan potensi wilayah yang berada di perdesaan. Selain itu sebagian masyarakat juga membuka usaha sebagai wiraswasta yaitu membuka toko atau warung yang menjual kebutuhan sehari-hari dan makanan ringan. Dalam bidang kesehatan terdapat prasarana kesehatan berupa Posyandu pada tiap RW akan tetapi belum berjalan dengan baik lantaran sangat jarang dilaksanakan juga belum adanya kader kesehatan gigi di posyandu.

Berikut beberapa kegiatan PKL yang dilaksanakan :

1.    Survey dan Pengambilan data Kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

Pada tanggal 14-15 Oktober 2020 saya melakukan survey sekaligus pengambilan data di wilayah Dusun Pondok RT/RW 02/05 Desa Sidomulyo dengan target 10 KK. Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tugas Praktik Kerja Lapangan Semester VII DIV JKG Poltekkes Kemenkes Semarang. Survey tempat sekaligus pengambilan data kesehatan gigi dan mulut masyarakat.




Populasi

Rekapitulasi Skala Prioritas

10 KK masyarakat RT/RW 02/05. Desa Sidomulyo, Dempet, Demak.

Hasil pendataan warga:

1. Dari hasil pemeriksaan rongga mulut dapat dilihat ada tiga masalah, yakni karies, karang gigi, dan periodontitis.

2. Kurang pengetahuan cara pencegahan penyakit gigi dan mulut dan cara menggobatinya.

3. Kurangnya pengetahuam tentang pelayanan kesehatan

 

2.    Melakukan MMD

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan presepsi antar perangkat desa dan masyarakat mengenai kegiatan pemberdayaan yang akan dilaksanakan

3.    Kegiatan

Kegiatan berupa pelatihan kader dan pemberdayaan masyarakat

Waktu Kegiatan : 13 oktober – 6 november 2020

Peserta               : Masyarakat (10KK) dan calon kader

-          Pelatihan Kader I



-          Pelatihan Kader II

-          Pemberdayaan kesehatan gigi masyarakat I



-          Pemberdayaan kesehatan gigi masyarakat II

-          Evaluasi

-          Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan

-          Terminasi/ penutupan

 

 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama