Kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan Gigi

 

UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) adalah program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya balita, batita, ibu hamil, ibu menyusui, lansia, PUS/WUS, remaja, untuk mempermudah penilaian maka kami menyusun cara menentukan strata UKBM, yang nanti dapat digunakan oleh petugas kesehatan ataupun kader kesehatan dalam menentukan strata UKBM. UKBM merupakan salah satu upaya (program) yang dikembangan oleh Departemen Kesehatan, yang mempunyai tujuan untuk memotivasi masyarakat agar mau dan mampu untuk hidup sehat secara mandiri.

Pada saat ini telah terbentuk berbagai macam bentuk UKBM yang berkembang di masyarakat salah satunya yang paling dikenal adalah Posyandu.  Adapun bentuk UKBM yang lainnya seperti Poskesdes, Polindes, Pos UKK, Poskestren, TOGA, Saka Bhakti Husada, dan lain-lain. Untuk menghidupkan bentuk UKGM secara meluas dan mendalam.

Salah satu kegiatan pemberdayaan adalah pletihan kader. Pelatihan yang dilaksanakan di RT/RW 02/05 Dusun Sidomulyo ini dilaksanakan menjadi dua bagian yakni pelatihan kader kesehatan gigi dokter kecil untuk anak-anak dan pelatihan kader kesehatan gigi masyarakat, karena pelatihan kader untuk orang dewasa peserta keseluruhan adalah ibu-ibu, maka pelatihan kader ini lebih khusus ke kader kesehatan gigi di posyandu yang diharapkan setelah pelatihan peserta memiliki keinginan untuk menjadi kader di posyandu.

Pelatihan kader dokter kecil dilaksanakan pada hari rabu, 21 Oktober 2020. Peserta sebanyak 5 orang anak-anak. Acaranya sendiri meliputi :

a.    Pembukaan

b.    Pre test

c.    Pengertian dan Konsep kader dalam hal ini sebagai dokter kecil dilingkungan

d.    Pengetahuan mengenai karies gigi meliputi penyebab dan pencegahan

e.    Demonstrasi menggosok gigi

f.     Post test



Sementara pelatihan kader kesehatan gigi di posyandu dilaksanakan pada hari kamis, 22 Oktober 2020. Peserta sebanyak 10 orang dan keseluruhan adalah ibu-ibu. Berikut susunan kegiatan

a.    Pembukaan

b.    Pre test

c.    Pengertian dan Konsep kader dalam hal ini sebagai kader kesehatan gigi di lingkungan rumah masing-masing

d.    Pembekalan mengenai penyakit gigi dan mulut (karies,karang gig, gingivitis) meliputi penyebab, cara pencegahan dan cara mengobati

e.    Ajakan untuk memeriksakan gigi ke pelayanan kesehatan

f.     Demonstrasi sikat gigi

g.    Post test



Setelah kegiatan ini peserta kader dapat melakukan penyuluhan sederhana atau pemberdayaan dilingkungan keluarga 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama