Survey dan Pengambilan data Kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

 

Pada tanggal 14-15 Oktober 2020 saya melakukan survey sekaligus pengambilan data di wilayah Dusun Pondok RT/RW 02/05 Desa Sidomulyo dengan target 10 KK. Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tugas Praktik Kerja Lapangan Semester VII DIV JKG Poltekkes Kemenkes Semarang.

Hasil survei menjelaskan bahwa Desa Sidomulyo ini terletak di kecamatan Dempet Kabupaten Demak saat ini dipimpin oleh Bapak Purwito Desa Sidomulyo. Desa Sidomulyo terdiri dari 4 wilayah perdukuhan yaitu yaitu Dusun Dampak, Dusun Pondok, Dusun Krasak dan Dusun Luwuk. Jumlah penduduk di Desa Sidomulyo yang sekarang mencapai: 7.204 jiwa yang diantaranya laki-laki  sebanyak 3.603 jiwa sedangkan perempuan sebanyak 3.601 jiwa. dengan luas wilayah 179.486 km². desa Sidomulyo memiliki jumlah KK 4.814 kepala KK.

Sumber air berasal dari artetis dan Sumur, sedangkan untuk fasililtas penerangan semua KK sudah menggunakan listrik PLN. Potensi yang terdapat di Desa Sidomulyo diantaranya berbagai fasilitas pelayanan publik, sosial maupun penyedia berbagai jasa atau usaha pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang juga berada di Desa Sidomulyo  ini seperti Balai Kelurahan, toko-toko, warung,  kontrakan dsb. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dengan potensi wilayah yang berada di perdesaan. Selain itu sebagian masyarakat juga membuka usaha sebagai wiraswasta yaitu membuka toko atau warung yang menjual kebutuhan sehari-hari dan makanan ringan. Dalam bidang kesehatan terdapat prasarana kesehatan berupa Posyandu pada tiap RW, akan tetapi sangat di sayangkan tiap posyandu tidak ada kader kesehatan gigi.

Pengambilan data saya lakukan dengan pemeriksaan gigi beberapa warga yang bersedia, sangat senang menyadari bahwa sebagian warga tampak antusias ketika saya menjelaskan maksud dan tujuan.

 

 

Beberapa ana-anak juga terlibat dalam pemeriksaan guna pengambilan data dan mereka tampak antusias

 

 

 

Selain melakukan pemeriksaan dengan mencari data hasil skor OHI-S dan CPITN dan status lokalis gigi, juga melakukan pengambilan data dengan kuisioner. Pertanyaan kuisioner meliputi indentitas, penilaian terhadap pengetahuan tentang kesehatan gigi,sikap, keterampilan, pelayanan kesehatan dan lingkungan.

Dari hasil pengambilan data secara kasar dapat dilihat bahwa kebanyakan remaja sampai dewasa di sekitar RT/RW 02/05 desa Sidomulyo Demak, memiliki skor OHIS tinggi karena terdapat banyak karang gigi dan debris, sementara untuk anak-anak usia 8-10 tahun, banyak gigi yang berlubang atau karies. Untuk aspek jawaban pada kuisioner masih banyak masyarakat yang belum paham dengan baik mengenai kesehatan gigi dan mulut.


 

 

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama