PROPOSAL KEGIATAN UPAYA PEMBERDAYAAN KESEHATAN GIGI MASYARAKAT
PRAKTIK KERJA LAPANGAN MATA KULIAH UPAYA KESEHATAN BERBASIS MASYARAKAT II DI WILAYAH DESA SIDOMULYO, DUSUN PONDOK, RT 2 RW 5, KECAMATAN DEMPET, KABUPATEN DEMAK.
Tanggal Pelaksanaan 28 September s.d 6 November 2020.
Dosen Pembimbing
Yodong. S.ST. M.HKes
DISUSUN OLEH :
RISA EMMA KHASISA
P1337425217037
DIV KEPERAWATAN GIGI
DIPLOMA IV KEPERAWATAN GIGI
JURUSAN KEPERAWATAN GIGI
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN SEMARANG
HALAMAN PERSETUJUAN
Proposal kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini merupakan bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat di wilayah RT 02/RW 05 Dusun Pondok yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2020 sampai dengan 6 November 2020. Proposal ini disetujui pada tanggal 16 Oktober 2020
Pelaksana kegiatan :
Nama : Risa Emma Khasisa
NIM : P1337425217037
Demak, 16 Oktober 2020
MENGETAHUI
Ketua Program Studi Dosen Pembimbing
DIV Terapis Gigi dan Mulut
Salikun, S.Pd, M.Kes Yodong, S.ST, M.H.Kes
NIP. 196204061988031002 NIP. 196512091985032003
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kesehatan merupakan keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara social dan ekonomis. Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berdasarkan perikemanusiaan, keseimbangan, manfaat, pelindung, penghormatan terhadap hak kewajiban, keadilan, gender dan non diskriminatil dan norma-norma agama. Untuk dapat mewujudkan tujuan pembangunan kesehatan tidak hanya menjadi tanggungjawab semata dari pemerintah dan tenaga kesehatan saja, tetapi merupakan tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat, hal ini sesuai dengan kebijakan menteri kesehatan yang termuat dalam keputusan menteri kesehatan RI Nomor 374/MenKes/SK/V2009 tentang Sistem Kesehatan Nasional Bentuk dan Cara Pembangunan Kesehatan.
UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) adalah program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya balita, batita, ibu hamil, ibu menyusui, lansia, PUS/WUS, remaja, untuk mempermudah penilaian maka kami menyusun cara menentukan strata UKBM, yang nanti dapat digunakan oleh petugas kesehatan ataupun kader kesehatan dalam menentukan strata UKBM. UKBM merupakan salah satu upaya (program) yang dikembangan oleh Departemen Kesehatan, yang mempunyai tujuan untuk memotivasi masyarakat agar mau dan mampu untuk hidup sehat secara mandiri.
Pada saat ini telah terbentuk berbagai macam bentuk UKBM yang berkembang di masyarakat salah satunya yang paling dikenal adalah Posyandu. Adapun bentuk UKBM yang lainnya seperti Poskesdes, Polindes, Pos UKK, Poskestren, TOGA, Saka Bhakti Husada, dan lain-lain. Untuk menghidupkan bentuk UKGM secara meluas dan mendalam.
Berdasarkan hasil RISKESDAN tahun 2018 , permasalahan gigi dan mulut di Indonesia meningkat menjadi 57,6% dari 29,9% pada RISKESDAS tahun 2013 penduduk bermasalah kesehatan gigi dan mulut dalam 12 bulan terakhir berdasarkan karakteristik umur 10-14 tahun adalah 25,2% . Sejumlah 7,1% dari presentase yang belum mendapatkan perawatan tenaga medis.
Desa Sidomulyo terletak di kecamatan Dempet Kabupaten Demak saat ini dipimpin oleh Bapak Purwito Desa Sidomulyo. Sumber air berasal dari PAM dan Sumur, sedangkan untuk fasililtas penerangan semua KK sudah menggunakan listrik PLN. Potensi yang terdapat di Desa Sidomulyo diantaranya berbagai fasilitas pelayanan publik, sosial maupun penyedia berbagai jasa atau usaha pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang juga berada di Desa Sidomulyo ini seperti Balai Kelurahan, toko-toko, warung, kontrakan dsb. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dengan potensi wilayah yang berada di perdesaan. Selain itu sebagian masyarakat juga membuka usaha sebagai wiraswasta yaitu membuka toko atau warung yang menjual kebutuhan sehari-hari dan makanan ringan. Dalam bidang kesehatan terdapat prasarana kesehatan berupa Posyandu pada tiap RW akan tetapi belum berjalan dengan baik lantaran sangat jarang dilaksanakan juga belum adanya kader kesehatan gigi di posyandu.
Kegiatan PKL secara daring ini diharapkan dapat menjadi kegiatan civitas akademika Poltekkes Kemenkes Semarang dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan kesehatan masyarakat pedesaan terutama kesehatan rongga mulutnya. Dan dapat menjadi suatu kegiatan yang berkesinambungan dan berkelanjutan dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat desa. Oleh karena itu, perlu ada suatu mekanisme pengaturan dan koordinasi kegiatan pengabdian masyarakat yang terstruktur dan berkesinambungan oleh institusi Poltekkes Kemenkes Semarang sehingga luaran dan dampak yang dihasilkan dapat lebih baik dan lebih dirasakan oleh masyarakat luas.
Dari pemaparan diatas dapat dilihat sehingga kami selaku tim kesehatan gigi dan mulut dari Poltekkes Semarang ingin melaksanakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang diwujudkan dalam sebuah kegiatan praktik kerja lapangan, tujuan kegiatan ini diharapkan masayarkat desa sidomulyo RT/RW 02/05 dapat memperbaiki atau meningkatkan kualitas kesehatannya terutama untuk gigi dan mulut.
B. MASALAH
1. Data Masalah
a. Masalah Umum
Desa Sidomulyo terletak di kecamatan Dempet Kabupaten Demak saat ini dipimpin oleh Bapak Purwito Desa Sidomulyo. Sumber air berasal dari PAM dan Sumur. Potensi yang terdapat di Desa Sidomulyo diantaranya berbagai fasilitas pelayanan publik, sosial maupun penyedia berbagai jasa atau usaha pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang juga berada di Desa Sidomulyo ini seperti Balai Kelurahan, toko-toko, warung, kontrakan dsb. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dengan potensi wilayah yang berada di perdesaan. Dalam bidang kesehatan terdapat prasarana kesehatan berupa Posyandu pada tiap RW akan tetapi belum berjalan dengan baik lantaran sangat jarang dilaksanakan juga belum adanya kader kesehatan gigi di posyandu.
b. Masalah Khusus
Berdasarkan hasil pengambilan data kesehatan gigi yang dilakukan di RT/RW 02/05 desa Sidomulyo, Demak pada 10 KK di dapatkan hasil sebagai berikut :
1) Status Lokalis
No. |
Karies |
Karang gigi |
Fillng |
Missing |
Sariawan |
Gusi berdarah |
Persiste-nsi |
Gigi palsu |
Kawat gigi |
1 |
2 |
Sebagian |
0 |
1 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
2 |
1 |
Sebagian |
0 |
0 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
3 |
2 |
Sebagian |
0 |
1 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
4 |
2 |
Sebagian |
0 |
0 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
5 |
0 |
sebagian |
0 |
0 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
6 |
3 |
Penuh |
0 |
4 |
0 |
Berdarah |
0 |
0 |
0 |
7 |
1 |
sebagian |
0 |
0 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
8 |
2 |
Penuh |
0 |
0 |
0 |
Berdarah |
0 |
0 |
0 |
9 |
4 |
Bersih |
0 |
2 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
10 |
4 |
Bersih |
0 |
4 |
0 |
Tidak |
0 |
0 |
0 |
2) Indeks skor Kebersihan Gigi dan Mulut OHI-S
No |
|
Skor |
Kriteria |
1 |
Hindun |
2,0 |
Sedang |
2 |
Daniel |
2,2 |
Sedang |
3 |
Solekah |
1,2 |
Baik |
4 |
Masruroh |
1,2 |
Baik |
5 |
Wahyuni |
1,0 |
Baik |
6 |
Nur wahid |
4,2 |
Buruk |
7 |
Zumroh |
2,0 |
Sedang |
8 |
Mustofa |
3,6 |
Buruk |
9 |
Gonim |
1,0 |
Baik |
10 |
Taufik |
1,0 |
Baik |
|
Rata-rata |
1,94 |
Sedang |
3) Indeks skor Keadaan Jaringan Penyangga Gigi CPITN
No |
Nama |
Skor |
Kriteria |
1 |
Hindun |
2 |
Kalkulus |
2 |
Daniel |
2 |
Kalkulus |
3 |
Solekah |
2 |
Kalkulus |
4 |
Masruroh |
2 |
Kalkulus |
5 |
Wahyuni |
2 |
Kalkulus |
6 |
Nur wahid |
3 |
Kalkulus |
7 |
Zumroh |
2 |
Kalkulus |
8 |
Mustofa |
3 |
Kalkulus |
9 |
Gonim |
0 |
Sehat |
10 |
Taufik |
1 |
Bedarah |
4) Kriteria Pengetahuan
Keterangan : P= kode soal untuk prilaku, pertanyaan kuisioner ada di lampiran.
No. |
Soal |
Jumlah Jawaban |
|
Benar |
Salah |
||
1. |
P1 |
3 |
7 |
2. |
P2 |
3 |
7 |
3. |
P3 |
10 |
0 |
4. |
P4 |
10 |
0 |
5. |
P5 |
9 |
1 |
6. |
P6 |
7 |
3 |
7. |
P7 |
10 |
0 |
8. |
P8 |
3 |
7 |
9. |
P9 |
8 |
2 |
10. |
P10 |
6 |
4 |
5) Kriteria sikap
Keterangan : S= kode soal untuk sikap, pertanyaan kuisioner ada di lampiran
No. |
Soal |
Jumlah Jawaban |
||
Setuju |
Ragu-ragu |
Tidak setuju |
||
1. |
S1 |
8 |
2 |
0 |
2. |
S2 |
5 |
5 |
0 |
3. |
S3 |
9 |
1 |
0 |
4. |
S4 |
10 |
0 |
0 |
5. |
S5 |
5 |
4 |
1 |
6. |
S6 |
4 |
6 |
0 |
7. |
S7 |
8 |
2 |
0 |
8. |
S8 |
5 |
5 |
0 |
9. |
S9 |
6 |
4 |
0 |
10. |
S10 |
3 |
6 |
1 |
6) Kriteria Tindakan
Keterangan : T= kode soal untuk tindakan, pertanyaan kuisioner ada di lampiran
No. |
Soal |
Jumlah Jawaban |
||
|
|
Ya |
Tidak |
Lainya |
1. |
T1 |
8 |
2 |
|
2. |
T2 |
3 |
7 |
|
3. |
T3 |
8 |
2 |
|
4. |
T4 |
|
|
10 |
5. |
T5 |
1 |
9 |
|
6. |
T6 |
6 |
4 |
|
7. |
T7 |
5 |
5 |
|
8. |
T8 |
10 |
|
|
9. |
T9 |
1 |
9 |
|
10. |
T10 |
|
|
10 |
7) Lingkungan
Keterangan : L= kode soal untuk lingkungan, pertanyaan kuisioner ada di lampiran
No. |
Soal |
Jumlah Jawaban |
|||
|
|
Ya |
Tidak |
Kadang-kadang |
Lainnya |
1. |
L1 |
0 |
0 |
0 |
10 |
2. |
L2 |
10 |
0 |
0 |
0 |
3. |
L3 |
10 |
0 |
0 |
0 |
4. |
L4 |
3 |
1 |
6 |
0 |
5. |
L5 |
10 |
0 |
0 |
0 |
6. |
L6 |
0 |
0 |
10 |
0 |
7. |
L7 |
0 |
0 |
10 |
0 |
1) Pelayanan Kesehatan
1. Apakah pernah sakit gigi |
2. Berobat kemana bila sakit gigi |
3. Apakah control setiap 6 bulan sekali |
4. Apakah tersedia pelayanan kesehatan |
5. Jarak tempuh ke pelayanan kesehatan |
6. Memiliki kartu jaminan kesehatan |
7. Pemeriksaan kesehatan gigi rutin oleh petugas (posyandu UKGM) |
Ya |
RS |
ya |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
ya |
tidak |
Ya |
RS |
kadang-kadang |
RS |
lebih dari 25km |
ya |
tidak |
Ya |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 3km |
tidak |
tidak |
Ya |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
ya |
tidak |
Tidak |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
tidak |
tidak |
Ya |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
ya |
tidak |
Tidak |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
ya |
tidak |
Ya |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
tidak |
tidak |
kadang-kadang |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
tidak |
tidak |
kadang-kadang |
diobati sendiri |
tidak |
puskesmas |
kurang dari sama dengan 15k |
tidak |
tidak |
2. Identifikasi Masalah
a. Dari hasil spemeriksaan status lokalis gigi dapat dilihat sebagian besar masyarakat memiliki karies gigi dan karang gigi
b. Hasil pengambilan data mengenai kebersihan rongga mulut dapat dilihat bahwa skor OHI-S rata-rata adalah 1,94 yang berarti masuk kategori sedang, berikut gambaran apabila dalam diagram
c. Hasil pengambilan data mengenai jaringan penyangga gigi 10KK masyarakat RT/RW 02/05 dapat dilihat untuk skor CPITN rata-rata masyarakat mendapat skor 2 karena adanya karang gigi, hampir seluruh masyarakat yang di data memiliki karang gigi
d. Dari hasil pengambilan data melalui jawaban kuisioner pada aspek pengetahuan dapat dilihat bahwa 10KK masyarakat RT/RW 02/05 belum mengathui tentang penyebab karies.
e. Dari hasil pengambilan data melalui jawaban kuisioner 10KK masyarakat RT/RW 02/05 pada aspek sikap rata-rata jawaban sudah menunjukkan kriteria bagus tapi masih beberapa yang belum mengerti
f. Dari hasil pengambilan data melalui jawaban kuisioner 10KK masyarakat RT/RW 02/05 pada aspek tindakan banyak yang tidak ingin memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya ke pelayanan kesehatan dan lebih memilih mengobati sendiri. Ini juga menunjukkan jawaban dari aspek lingkungan dan pelayanan kesehatan.
3. Prioritas Masaalah
Berdasarkan hasil diatas dan berdasarkan data penjaringan, maka didapat prioritas masalah sebagai berikut :
Tabel penentuan prioritas masalah
(Metode USG)
Masalah |
U |
S |
G |
Total |
Prioritas |
Periodontitis |
4 |
3 |
2 |
9 |
III |
Karies |
4 |
3 |
3 |
10 |
II |
Karang gigi |
4 |
4 |
4 |
12 |
I |
Keterangan :
Skor U = 0 - 5 (tidak penting – sangat penting)
Skor S = 0 - 5 (tidak serius - sangat serius)
Skor G = 0 - 5 (tidak berdampak – sangat berdampak
Prioritas masalah sebagai berikut :
a. Kasus kejadian karang gigi
b. Kasus penderita karies gigi
c. Kasus periodontitis
C. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat RT/RW 02/05 Desa Sidomulyo, Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, Semarang mengenai kesehatan gigi dan mulutnya.
2. Tujuan Khusus
a. Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut
b. Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit-penyakit seputar kesehatan gigi dan mulut
c. Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut
d. Memberikan pengertian dan pengetahuan mengenai datang ke pelayanan kesehatan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya
e. Memberikan stigma positif tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut
f. Memberikan pengetahuan mengenai makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan gigi dan mulut.
g. Memberikan pengetahuan tentang kebiasaan baik dan buruk dalam menjaga kesehatan rongga mulut.
D. NAMA DAN SASARAN KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah “Upaya Pemberdayaan Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat”.
Sasaran Kegiatan adalah masyrakat 10KK di dusun Pondok, desa Sidomulyo, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak.
E. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu kegiatan Upaya Pemberdayaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada masyarakat 10KK di Desa Sidomulyo akan diselenggarakan pada 13 Oktober 2020 sampai dengan 6 November 2020 bertempat di RT 02 RW 05 Desa Sidomulyo.
F. PENGORGANISASIAN
Panitia yang dibentuk untuk menyelenggarakan kegiatan ini adalah :
Pelindung :
1. Ketua Prodi DIV Terapis Gigi dan Mulut : Salikun, S.pd, M.Kes
2. Ketua RT : Bapak Sugiono
Penanggung jawab : 1. Nama Pembimbing : Yodong, S.ST, M.H.Kes
Nama : Risa Emma Khasisa
NIM : P1337425217037
BAB II
KEGIATAN
A. KEGIATAN
1. Pemaparan/MMD, kegiatan ini dilaksanakan ketika pengambilan data dan pemeriksaan, menjelaskan pada sasaran akan dilaksanakan kegiatan setelah dilakukan pemeriksaan.
2. Rencana kegiatan
3. Kegiatan
Kegiatan pemberdayaan berupa pelatihan kader dan melakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan materi sebagai berikut :
a. karang gigi, karies dan periodontitis meliputi, penyebab, cara pencegahan dan cara menghilangkan atau mengobati
b. memberikan penyluhan tentang menggosok gigi yang baik dan benar meliputi, waktu, cara/teknik, alat dan bahan.
c. Memberikan penyuluhan tentang ajakan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke pelayanan kesehatan
4. Monitoring
5. Evaluasi
B. METODE
1. Metode yang digunakan saat pengambilan data adalah dengan pemeriksaan dan screening.
2. Metode saat pelatihan dan penyuluhan dengan metode ceramah saat penyampaian
3. Metode diskusi dan tanya jawab saat penyuluhan dan pelatihan untuk menjelaskan sekaligus mengajak interaksi sasaran atau peserta
4. Metode Demonstrasi, dilaksanakan saat pemberian penyuluhan atau pelatihan dengan materi menggosok gigi.
C. PROSEDUR KEGIATAN
1. Advokasi
Merupakan langkah awal berupa penyampaia maksud dan tujuan kegiatan kepada sasaran
2. Survey dan Pengambilan data
Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yakni pemeriksaan kondisi rongga mulut sasaran sehingga di dapat data kondisi kesehatan rongga mulut dan pengambilan data melalui menjawab pertanyaan dari soal kuisioner, pada pengambilan data ini melalui media googlefrom agar lebih mudah.
3. Mengolah data dan membuat proposal
Mengolah data yang telah diperoleh ditentukan prioritas masalah, dituangkan dalam proposal dan lalu merencanakan kegiatan yang akan dilakukan dari hasil kegiatan ini.
4. MMD
Kegiatan ini dilaksanakan ketika pengambilan data dan pemeriksaan, menjelaskan pada sasaran akan dilaksanakan kegiatan setelah dilakukan pemeriksaan.
5. Kegiatan
Kegiatan berupa pelatihan kader dan pemberdayaan masyarakat
Waktu Kegiatan : 13 oktober – 6 november 2020
Peserta MMD : Masyarakat (10KK) dan calon kader
Tempat : RT/ RW 02/05 desa Sidomulyo, Dempet, Demak.
Situasi Hasil Pendataan Warga RT/ RW 02/05 desa Sidomulyo, Dempet, Demak.
Dari hasil rekapitulasi pendataan warga yang sudah terisi didapatkan hasil skala prioritas :
Populasi |
Rekapitulasi Skala Prioritas |
10 KK masyarakat RT/RW 02/05. Desa Sidomulyo, Dempet, Demak. |
Hasil pendataan warga: 1. Dari hasil pemeriksaan rongga mulut dapat dilihat ada tiga masalah, yakni karies, karang gigi, dan periodontitis. 2. Kurang pengetahuan cara pencegahan penyakit gigi dan mulut dan cara menggobatinya. 3. Kurangnya pengetahuam tentang pelayanan kesehatan |
D. ANGGARAN
Pemasukan
No. |
Asal |
Jumlah |
1. |
Biaya pribadi/ biaya penyelenggara |
Rp. 72.000 |
Jumlah total |
Rp. 72.000 |
Pengeluaran
No. |
Nama barang |
Jumlah |
Jumlah harga |
1. |
Kesekertariatan 1. Alat tulis 2. Proposal 3. Lembar pemeriksaan |
1. Rp. 2.000 2. Rp. 5.000. 3. Rp. 5.000 |
Rp. 12.000 |
2. |
Pelatihan 1. Materi 2. Poster 3. Leafleat |
1. Rp. 5.000 2. Rp.30.000 3. Rp.25.000 |
Rp. 60.000 |
Jumlah total |
Rp. 72.000 |
E. MATRIK KEGIATAN KELOMPOK PELAKSANA
1. PERSIAPAN
Hari, tanggal : Rabu, 7 Oktober 2020
Tempat : RT/RW 02/05 Desa Sidomulyo, Dempet, Demak.
No No |
Waktu |
Kegiatan |
Tempat |
Penanggung jawab |
1. |
15.00-16.00 |
Bimbingan dengan dosen pembimbing |
Via zoom |
Dosen |
2. |
18.30-20.00 |
Survey dan pendataan warga (10 kk) |
Rumah warga |
Risa Emma |
2. PELAKSANAAN
Tanggal : 8 Oktober – 6 November 2020
Tempat : RT/RW 02/05 Desa Sidomulyo, Dempet, Demak
No. |
Nama kegiatan |
Hari, tanggal |
Tempat |
Waktu |
Penanggung jawab |
1. |
Advokasi |
8 oktober 2020 |
RT/RW 02/05 Desa Sidomulyo, Dempet, Demak |
08.00-selesai |
Risa Emma |
2. |
Survey dan pendataan warga |
10 oktober 2020 |
08.00-selesai |
Risa Emma |
|
3. |
Pengambilan data |
14-15 Oktober 2020 |
08.00-selesai |
Risa Emma |
|
4. |
Mengolah data dan membuat proposal |
14-15 oktober 2020 |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
5. |
Simulasi MMD |
20 oktober 2020 |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
6. |
MMD |
20 oktober 2020 |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
7. |
Pelatihan Kader 1 |
21-23 oktober 2020 |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
8. |
Pelatihan Kader 2 |
|
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
9. |
Pemberdayaan Masyarakat 1 |
24-17 oktober 2020 |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
10. |
Pemberdayaan Masyarakat 2 |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
||
11. |
Pemberdayaan Masyarakat 3 |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
||
12. |
Pengebangan UKBM |
Menyesuaikan |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
13. |
Monitoring & Evaluasi |
Menyesuaikan |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
14. |
Presentasi Akhir kegiatan |
Menyesuaikan |
Menyesuaikan |
Risa Emma |
|
15. |
Penyusunan Laporan |
Menyesuaikan |
|
Menyesuaikan |
Risa Emma |
Kegiatan pemberdayaan berupa pelatihan kader dan melakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan materi sebagai berikut :
a) karang gigi, karies dan periodontitis meliputi, penyebab, cara pencegahan dan cara menghilangkan atau mengobati
b) memberikan penyluhan tentang menggosok gigi yang baik dan benar meliputi, waktu, cara/teknik, alat dan bahan.
c) Memberikan penyuluhan tentang ajakan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke pelayanan kesehatan
3. HAMBATAN DAN CARA PENYELESAIAN HAMBATAN
a) Hambatan
Pelaksanaan pelatihan kader dan pelaksanaan pemberdayaan tidak bisa dilaksanakan sepenhnya dengan offline ataupun online.
b) Pelaksanaan kegiatan pelatihan kader dan pemberdayaan dibagi menjadi online melalui grup watsaap dan secara langsung tetapi memenuhi protocol kesehatan.
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal ini disusun sebagai pedoman bagi kegiatan Upaya Pemberdayaan Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat. Partisipasi dari berbagai pihak yang dapat mendukung terselenggaranya kegiatan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, minat dan peran serta masyarakat di bidang kesehatan gigi dan mulut. Sehingga dapat tercapai perilaku hidup sehat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya di wilayah RT 02 RW 05 Desa Sidomulyo, Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Kita semua menginginkan dengan sungguh-sungguh, agar penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai rencana. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati langkah-langkah kita. Amin.
LAMPIRAN
1. Instrument pengambilan data
FORM SURVEI KESEHATAN GIGI DAN MULUT
DESA :
RT/RW :
Tgl survey :
I. IDENTITAS RESPONDEN
1. Nama :
2. Jenis kelamin :
3. Umur :
4. Status sekolah : PAUD, KB/TK, SD, SMP, SMA, Univ.
5. Status pekerjaan : swasta/bumn, ASN, wiraswasta, buruh, petani, tidak
bekerja
6. Status ekonomi : ( penghasilan – pengeluaran )
7. Status perkawinan : kawin, belum kawin, cerai hidup, cerai mati
8. Agama : Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Konghucu
9. No hp :
10. Hubungan dgn KK :
II. STATUS LOKALIS
1. Jumlah gigi berlubang : gigi
2. Terdapat karang gigi : Sebagian, penuh
Warna : kuning, coklat kehitaman
3. Jumlah gigi yang sudah di tambal : gigi
4. Jumlah gigi yang sudah di cabut : gigi
5. Terdapat sariawan : ya / tidak
6. Terdapat gusi berdarah : tidak pernah/sering/kadang-kadang
7. Mengalami gigi kesundulan ( anak-anak ): ya / tidak
8. Mengalami gigis ( rampant caries ) : ya / tidak
9. Apakah menggunakan gigi palsu : Ya / tidak
Jenis gigi palsu : lepasan / permanen
10. Apakah menggunakan kawat gigi : ya / tidak
INDEKS KEBERSIHAN GIGI ( berdasarkan foto )
1.6 |
1.1 |
2.6 |
4.6
|
3.1 |
3.6 |
INDEKS GINGIVA/CPITN
1.6 |
1.1 |
2.6 |
4.6
|
3.1 |
3.6 |
III. FAKTOR EXTERNAL
A. PERILAKU:
1. Pengetahuan
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Penyebab gigi berlubang adalah plak |
Benar / salah |
2 |
Plak adalah lapisan pada gigi yang terdiri dari bakteri |
Benar / salah |
3 |
Menyikat gigi yang benar sehari minimal 2 x |
Benar / salah |
4 |
Konsumsi sayur dan buah dapat membantu membersihkan gigi dan menyehatkan tubuh |
Benar / salah |
5 |
Meskipun tidak sedang sakit sebaiknya control gigi dilakukan 6 bulan sekali |
Benar / salah |
6 |
Gusi yang sehat berwarna merah muda |
Benar / salah |
7 |
Merokok dapat menyebabkan karang gigi |
Benar / salah |
8 |
Penggunaan obat kumur yang terlalu sering dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut |
Benar / salah |
9 |
Karang gigi tidak dapat dibersihkan dengan menyikat gigi |
Benar / salah |
10 |
Sikat gigi yang baik berbentuk tangkai lurus dan bulu sikat halus |
Benar / salah |
|
Jumlah |
|
2. Sikap
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Menyikat gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
2 |
Merokok dapat menyebabkan pewarnaan pada gigi |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
3 |
Menyikat gigi yang benar sehari minimal 2 x |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
4 |
Konsumsi sayur dan buah dapat membantu membersihkan gigi dan menyehatkan tubuh |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
5 |
Meskipun tidak sedang sakit sebaiknya control gigi dilakukan 6 bulan sekali |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
6 |
Melakukan penambalan pada gigi yang berlubang |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
7 |
Gigi berlubang mengganggu penampilan |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
8 |
Gigi berlubang dapat menyebabkan bau mulut |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
9 |
Jarang menggunakan obat kumur setelah selesai menyikat gigi |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
10 |
Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali |
Setuju/ragu-ragu/tidak setuju |
|
Jumlah |
|
3. Tindakan
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
1 |
Berapa kali bp/ibu/sdr menyikat gigi dalam sehari |
|
2 |
Apakah setiap malam sebelum tidur menyikat gigi |
|
3 |
Berapa kali konsumsi sayur dalam sehari |
|
4 |
Kapan terakhir control gigi |
|
5 |
Apakah menggunakan obat kumur |
|
6 |
Apakah mengunyah makanan menggunakan 2 sisi rahang |
|
7 |
Apakah setelah sarapan menyikat gigi |
|
8 |
Apakah menyikat gigi menggunakan pasta gigi |
|
9 |
Apakah membersihkan sisa makanan dengan benang gigi |
|
10 |
Berapa lama mengganti sikat gigi |
|
|
Jumlah |
|
B. PELAYANAN KESEHATAN
1. Apakah pernah sakit gigi (ya / tidak/kadang-kadang)
2. Berobat kemana bila sakit gigi (puskesmas,RS/ diobati sendiri/ pengobatan alternative/ dukun/ drg.swasta/ lainnya )
3. Apakah control setiap 6 bulan sekali (ya/tidak/kadang-kadang)
4. Apakah tersedia pelayanan kesehatan (RS/ puskesmas/ PusTU/ klinik gigi/ UKGMD)
5. Jarak tempuh ke pelayanan kesehatan (lebih dari 25km/ kurang dari sama dengan 15km/ kurang dari sama dengan 3km)
6. Memiliki kartu jaminan kesehatan (ya/ tidak/ kurang tahu)
7. Pemeriksaan kesehatan gigi rutin oleh petugas (posyandu UKGM) (ya/ tidak/ kurang tahu)
C. LINGKUNGAN
1. Sumber air yang digunakan : sumur,PAM,sungai,lainnya
2. Setiap orang dalam satu rumah mempunyai sikat gigi sendiri : ya / tidak
3. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor : ya / tidak
4. Konsumsi sayur setiap kali makan : ya/tidak/kadang-kadang
5. Konsumsi ikan dalam seminggu minimal 2 kali: ya / tidak / kadang-kadang
6. Konsumsi buah setiap hari : ya/ tidak / kadang-kadang
7. Konsumsi the setiap kali makan : ya/ tidak/ kadang-kadang
2. Satuan Acara Penyuluhan
SATUAN ACARA PENYULUHAN
PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT-PENYAKIT GIGI DAN MULUT
(Karang gigi, Karies, dan Periodontitis)
Topik : Kesehatan
Pokok Bahasan : Penyakit-penyakit gigi dan mulut
Sasaran : Warga RT/RW 02/05
Hari / tanggal :
Tempat : Rumah Masing-masing Warga
A. Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Setelah mendapatkan penjelasan tentang penyakit-penyakit yang ada di rongga mulut, dalam penyuluhan ini dibahas karies gigi, karang gigi dan periodontitis. peserta dapat memahami dan diharapkan mampu menjaga kondisi rongga mulutnya dan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.
B. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah mendapat penjelasan
1. Peserta dapat menjelaskan pengertian penyakit-penyakit gigi yaitu karang gigi, karies gigi atau gigi berlubang dan periodontitis. yang dijelaskan sebelumnya
2. Peserta mampu menjelaskan penyebab terjadinya penyakit tersebut
3. Peserta mampu menjelaskan pencegahan terjadinya penyakit tersebut
4. Peserta mampu menjelaskan bagaimana cara mengatasinya
5. Peserta mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terkena penyakit tersebut.
C. Materi
1. Pengertian karang gigi, karies, periodontitis
2. Penyebabab karang gigi, karies, periodontitis
3. Pencegahan terjadinya karang gigi, karies, periodontitis
4. Cara mengatasi karang gigi, karies, periodontitis
5. Tindakan selanjutnya apabila sudah memilki karang gigi, karies, periodontitis
D. Metode
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
E. Media
Poster
F. Evaluasi
1. Peserta mampu memahami pengertian penyakit
2. Peserta mampu menjelaskan tentang penyebab terjadinya penyakit
3. Menjelaskan tentang pencegahan terjadinya penyakit
4. Menjelaskan tentang cara mengatasi
5. Mejelaskan tentang tindakan yang harus dilakukan setelah menyadari memiliki penyakit tersebut.
G. Kegiatan Penyuluhan
Waktu |
KEGIATAN |
Respon Warga |
|
1. |
2 Menit |
Pembukaan: 1. Memberi salam dan memperkenalkan diri 2. Menjelaskan tujuan dari penyuluhan. 3. Melakukan kontrak waktu 4. Menyebutkan materi penyuluhan yang akan diberikan |
- Menyambut salam dan mendengarkan - Mendengarkan - Mendengarkan - Mendengarkan |
2. |
25 Menit |
Pelaksanaan : · Materi karang gigi 1. Menjelaskan tentang pengertian karang gigi 2. Menjelaskan tentang penyebab terjadinya karang gigi 3. Menjelaskan tentang pencegahan terjadinya karang gigi 4. Menjelaskan tentang cara mengatasi 5. Mejelaskan tentang tindakan yang harus dilakukan setelah menyadari memiliki karng gigi · Materi Karies gigi 1. Menjelaskan tentang pengertian karies gigi 2. Menjelaskan tentang penyebab terjadinya karies gigi 3. Menjelaskan tentang pencegahan terjadinya karies gigi 4. Menjelaskan tentang cara mengatasi karies gigi 5. Mejelaskan tentang tindakan yang harus dilakukan setelah menyadari memiliki karies gigi · Materi periodontitis 1. Menjelaskan tentang pengertian periodontitis 2. Menjelaskan tentang penyebab terjadinya periodontitis 3. Menjelaskan tentang pencegahan terjadinya periodontitis 4. Menjelaskan tentang cara mengatasi periodontitis 5. Mejelaskan tentang tindakan yang harus dilakukan setelah menyadari memiliki periodontitis |
Mendengarkan dengan penuh perhatian |
3. |
3 menit |
Tanya jawab Memberi kesempatan pada warga untuk bertanya mengenai materi yang telah diberikan |
Menanyakan hal hal yang belum jelas |
4. |
3 menit |
Evaluasi : Menanyakan pada peserta tentang materi yang diberikan dan reinforcement kepada peserta bila dapat menjawab & menjelaskan kembali pertanyaan/materi |
Menjawab dan menjelaskan pertanyaan |
5. |
2 Menit |
Penutup : Menyimpulkan hasil penyuluhan
Mengucapkan terima kasih dan salam kepada peserta |
Aktif bersama menyimpulkan Membalas salam |
SATUAN ACARA PENYULUHAN
MENGGOSOK GIGI YANG BAIK DAN AJAKAN KE PELAYANAN KESEHATAN
Topik : Kesehatan
Pokok Bahasan : menggosok gigi & ajakan ke pelayanan kesehatan
Sasaran : Warga RT/RW 02/05
Hari / tanggal :
Tempat : Rumah Masing-masing Warga
H. Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Setelah mendapatkan penjelasan tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar serta penjelasan mengenai pentingnya ke pelayanan kesehatan diharapkan peserta dapat menerapkan tata cara menggosok gigi dengan baik dan benar dalam kehidupan sehar-hari dan peserta memiliki kesadaran untuk memeriksakan diri ke klinik gigi setiap memiliki keluhan atau tidak.
I. Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
1. Setelah mendapat penjelasan materi menggosok gigi
a. Dapat menjelaskan alat dan bahan yang sesuai untuk menggosok gigi
b. Dapat menjelaskan teknik menggosok gigi yang baik dan benar
c. Dapat menyebutkan waktu yang tepat untuk menggosok gigi
d. Dapat menyebutkan dampak buruk apabila tidak menggosok gigi
2. Setelah mendapatkan penjelasan materi ajakan untuk ke pelayanan kesehatan
a. Peserta dapat memahami pentingnya memeriksakan giginya ke pelayanan kesehatan terdekat
b. Peserta memahami bahwa sakit gigi pilihan terbaik adalah ke pelayanan kesehatan
J. Materi
6. Menggosok gigi
a. Alat dan bahan untuk menggosok gigi
b. Teknik menggosok gigi yang benar dan sesuai
c. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi
d. Dampak buruk apabila tidak menggosok gigi
7. Ajakan ke pelayanan kesehatan
a. Pentingnya memeriksakan gigi ke palayanan kesehatan terdekat
b. Pentingnya ke pelayanan kesehatan apabila sakit gigi
K. Metode
4. Menggosok gigi
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya jawab
d. Demonstrasi
5. Ajakan ke pelayanan kesehatan
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya jawab
L. Media
1. Poster
2. Video
M. Evaluasi
6. Menggosok gigi
a. Peserta dapat menjelaskan kembali alat dan bahan yang sesuai untuk menggosok gigi
b. Peserta dapat menjelaskan kembali teknik menggosok gigi yang baik dan benar
c. Peserta dapat menyebutkan kembali waktu yang tepat untuk menggosok gigi
d. Peserta dapat menyebutkan kembali dampak buruk apabila tidak menggosok gigi
3. Setelah mendapatkan penjelasan materi ajakan untuk ke pelayanan kesehatan
a. Peserta dapat memahami pentingnya memeriksakan giginya ke pelayanan kesehatan terdekat
b. Peserta memahami bahwa sakit gigi pilihan terbaik adalah ke pelayanan kesehatan
N. Kegiatan Penyuluhan
No |
Waktu |
KEGIATAN |
Respon Warga |
1. |
2 Menit |
Pembukaan: 5. Memberi salam dan memperkenalkan diri 6. Menjelaskan tujuan dari penyuluhan. 7. Melakukan kontrak waktu 8. Menyebutkan materi penyuluhan yang akan diberikan |
- Menyambut salam dan mendengarkan - Mendengarkan - Mendengarkan - Mendengarkan |
2. |
25 Menit |
Pelaksanaan : · Materi menggosok gigi 1. Menjelaskan Alat dan bahan untuk menggosok gigi 2. Menjelaskan Teknik menggosok gigi yang benar dan sesuai 3. Menjelaskan Waktu yang tepat untuk menggosok gigi 4. Menjelaskan Dampak buruk apabila tidak menggosok gigi · Materi ajakan untuk ke pelayanan kesehatan 1. Menjelaskan Pentingnya memeriksakan gigi ke palayanan kesehatan terdekat 2. Menjelaskan Pentingnya ke pelayanan kesehatan apabila sakit gigi |
Mendengarkan dengan penuh perhatian |
3. |
3 menit |
Tanya jawab Memberi kesempatan pada warga untuk bertanya mengenai materi yang telah diberikan |
Menanyakan hal hal yang belum jelas |
4. |
3 menit |
Evaluasi : Menanyakan pada peserta tentang materi yang diberikan dan reinforcement kepada peserta bila dapat menjawab & menjelaskan kembali pertanyaan/materi |
Menjawab dan menjelaskan pertanyaan |
5. |
2 Menit |
Penutup : Menyimpulkan hasil penyuluhan
Mengucapkan terima kasih dan salam kepada peserta |
Aktif bersama menyimpulkan Membalas salam |
Posting Komentar